e-περιοδικό της Ενορίας Μπανάτου εν Ζακύνθω. Ιδιοκτήτης: Πρωτοπρεσβύτερος του Οικουμενικού Θρόνου Παναγιώτης Καποδίστριας (pakapodistrias@gmail.com), υπεύθυνος Γραφείου Τύπου Ι. Μητροπόλεως Ζακύνθου. Οι δημοσιογράφοι δύνανται να αντλούν στοιχεία, αφορώντα σε εκκλησιαστικά δρώμενα της Ζακύνθου, με αναφορά του συνδέσμου των αναδημοσιευόμενων. Η πνευματική ιδιοκτησία προστατεύεται από τον νόμο 2121/1993 και την Διεθνή Σύμβαση της Βέρνης, κυρωμένη από τον νόμο 100/1975.

Τα νεότερα στα θεματικά ένθετα

Τρίτη 21 Δεκεμβρίου 2021

ENSIKLIK KEPATRIARKHAN BAGI PESTA NATAL 2021


✠ B A R T H O L O M E U S

OLEH BELAS KASIH ALLAH USKUP AGUNG KONSTANTINOPEL-ROMA BARU DAN PATRIARK EKUMENIKAL

KEPADA PEMILIK GEREJA

RAHMAT, PENGASIHAN DAN DAMAI

DARI KRISTUS SANG JURUSELAMAT LAHIR DI BETHLEHEM

***

Saudara-saudara seperayaan dan anak-anak yang diberkati,

Setelah sekali lagi tiba di pesta yang penuh kesemarakan atas Kelahiran dalam daging Juruselamat kita Kristus, yang mengunjungi kita dari tempat tinggi, kita memuliakan dengan mazmur dan puji-pujian nama surgawi-Nya. Inkarnasi Sang Firman dari Allah yang pra-kekal adalah "mahkota keselamatan kita", "misteri abadi" dari persekutuan ilahi-manusia yang melampaui semua akal. Seperti yang dikatakan dengan eloknya oleh St. Maximus Sang Pengaku Iman, “sebagai Tuhan yang pengasih, Dia benar-benar menjadi manusia dengan mengambil kodrat umat manusia, meskipun cara Dia menjadi manusia akan selalu tetap tak terlukiskan; Dia menjadi manusia dengan cara yang melampaui kemanusiaan.”

Inkarnasi ilahi, bersama dengan manifestasi kebenaran tentang Allah, juga mengungkapkan kebenaran dan tujuan akhir manusia, pengilahian (deifikasi) kita melalui rahmat. St. Nicholas Cabasilas menyatakan secara teologis bahwa Kristus "adalah yang pertama dan Satu-satunya yang menunjukkan kepada kita manusia akan manusia yang benar dan yang sempurna." Sejak saat itu, siapa pun yang menghormati Allah juga harus menghormati manusia, dan siapa pun yang merendahkan manusia juga merendahkan Allah, yang mengambil sifat kita. Di dalam Kristus, saat berbicara secara teologis tentang Allah, maka kita pun berbicara pada saat yang sama tentang manusia. Ekonomia Ilahi yang berinkarnasi secara definitif, menghapuskan citra Allah sebagai tirani, yang menghukum, dan bermusuhan dengan manusia. Kristus ada di mana-mana, senantiasa dan dalam segala hal hadir atas penyangkalan penyangkalan manusia dan pembela atas kebebasan manusia. Kehidupan Gereja, sebagai daging yang diambil melalui inkarnasi Sang Putra dan Firman Allah, melambangkan, mengungkapkan dan melayani misteri kemanusiaan-ilahi yang menyelamatkan ini.

Dengan “penjubahan lain” atas manusia ini dan pembaruan semua ciptaan di dalam Kristus sebagai panjinya, Gereja hari ini memberikan kesaksian yang baik dihadapan setiap perkembangan yang mengancam kekudusan pribadi manusia dan keutuhan ciptaan. Ia menghidupi dan mengkhotbahkan kebenaran kehidupan spiritual yang otentik dan budaya cinta dan solidaritas. Menawarkan kesaksian "tentang harapan yang ada di dalam diri kita" (1 Ptr. 3.15), Gereja sama sekali tidak menganggap peradaban masa kini sebagai Niniwe lain yang, seperti yang dikatakan kepada Yunus, penuh dengan murka ilahi di atasnya dan akan dibinasakan, melainkan Gereja berjuang untuk transformasi budaya di dalam Kristus. Di jaman kita ini, kita membutuhkan imajinasi pastoral, dialog dan bukan argumentasi; partisipasi dan bukan abstain, tindakan khusus dan bukan teori abstrak, penerimaan kreatif dan bukan penolakan mentah-mentah. Semua ini tidak berfungsi dengan mengorbankan spiritualitas dan kehidupan liturgi kita, tetapi mengungkapkan kesatuan yang tidak dapat diganggu gugat dari apa yang kita sebut dimensi “vertikal” dan “horizontal” dari kehadiran dan kesaksian Gereja. Kesetiaan pada tradisi Gereja bukanlah jebakan ke masa lalu, tetapi penggunaan pengalaman masa lalu dengan cara yang kreatif untuk masa kini.

Di tahun-tahun belakangan ini juga, pandemi virus corona Covid-19 telah meresahkan umat manusia. Kita memuliakan Tuhan yang berbelas kasih, yang memperkuat para spesialis dan ilmuwan untuk mengembangkan vaksin yang efektif dan obat-obatan lain untuk menghadapi krisis ini, dan kami mendorong semua umat beriman yang belum divaksinasi untuk melakukannya dan setiap orang untuk mematuhi protokol perlindungan dan tindakan oleh otoritas kesehatan. Ilmu pengetahuan, sejauh berfungsi sebagai pelayan manusia, adalah hadiah tak ternilai dari Allah. Kita harus bersyukur menerima karunia ini dan tidak disesatkan oleh suara-suara yang tidak bertanggung jawab dari orang-orang bodoh dan menyatakan diri sebagai wakil Allah dan dari iman otentik dengan menjadi "penasihat spiritual," yang, bagaimanapun, sayangnya mematahkan diri mereka sendiri karena tidak adanya cinta untuk saudara-saudara mereka, yang kehidupan mereka itu rentan dan sedang menghadapi bahaya kematian.

Saudara-saudara yang terhormat dan anak-anak yang terkasih,

Dengan keyakinan yang tak tergoyahkan bahwa kehidupan kita masing-masing dan perjalanan seluruh umat manusia diarahkan oleh Allah dalam kebijaksanaan dan kasih, kita menantikan tahun 2022 yang bahagia, terlepas dari faktor-faktor eksternal dan segenap perkembangan-perkembangannya, akan menjadi tahun keselamatan bagi semua orang, karena seperti juga selama perjalanannya, pergerakan sejarah dibimbing oleh Kristus, yang mengasihi umat manusia dan peduli akan segala sesuatu, “yang menginginkan agar semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan tentang kebenaran.” (1 Tim. 2.4)

Atas kehendak Allah, selama Pekan Suci dan Pekan Agung yang akan datang, kami akan mengadakan Ibadat Pemberkatan Minyak Krisma Suci di Pusat Gereja kita yang terhormat. Kami menganggapnya sebagai hadiah ilahi yang unik untuk Kesederhanaan kita bahwa kami dianggap layak untuk memimpin ritus yang meriah dan mengharukan ini untuk keempat kalinya dalam pelayanan Patriarkat kami yang sederhana. Kemuliaan bagi Allah untuk segala sesuatu!

Dengan perasaan ini, dengan penuh hormat menyembah kanak Yesus yang lahir di Betlehem, kami mengarahkan pikiran kami kepada saudara-saudara Kristen kita di sana dan kami berdoa agar hidup berdampingan secara damai dan harmonis dari semua yang tinggal di Tanah Suci.

Dalam semangat ini, kami berharap kepada kalian semua, yang dekat dan yang jauh, Dua Belas Tahun yang terberkati, anugerah kesehatan, berbuah dalam perbuatan baik dan dipenuhi dengan karunia-karunia ilahi tahun yang baru dalam kemurahan Tuhan, Yang Empunya kemuliaan dan kuasa kekal hingga sepanjang segala abad. Amin.

Natal 2021

✠ Bartholomew of Constantinople
Pemohon doamu yang setia dihadapan Allah.
 

Δεν υπάρχουν σχόλια: